Senin, 31 Oktober 2016

VISI, MISI, DAN SOP PERUSAHAAN BUSANA “SARA COLLECTION”

NAMA                 : TRISYA HANDIKA PUTRI
NPM                     : 1A514884
KELAS                : 3PA07
MATA KULIAH : PSIKOLOGI MANAJEMEN #
DOSEN               : FAAIZA SUPANDI

PERUSAHAAN BUSANA “SARA COLLECTION

Visi:
Menjadi perusahaan fashion busana yang memberikan produk-produk berkualitas serta memiliki pelayanan yang baik dan menjadi perusahaan terkemuka dalam trend fashion di dunia.

Misi:
v Memproduksi busana dengan kualitas bahan yang baik.
v Menciptakan desain yang inovatif dan kreatif agar mampu bersaing di industri fashion nasional maupun internasional.
v Menyeleksi karyawan dengan syarat harus memiliki etika dan SDM yang baik agar tercapainya kepuasan pada pelanggan.
v Mampu memenuhi kebutuhan busana konsumen dengan membuat banyak varian ditinjau dari desain dan warna produk yang disesuaikan dengan gender dan usia.
v Membuat banyak relasi terhadap berbagai perusahaan industri fashion baik lokal maupun luar negeri agar eksistensi perusahaan tetap terjaga

Standard Operational Procedure “SARA COLLECTION”:
a.      Ketentuan karyawan:
1.     Sales
2.     Kasir
3.     Petugas kebersihan
4.     Satpam/Security

b.     Sistem kerja
Sistem kerja yang dilakukan yaitu pembagian shift per-hari. Pembagian shift yang pertama yaitu shift siang pada pukul 10.00 WIB – 16.00 WIB, shift yang kedua yaitu shift sore pada pukul 16.00 WIB – 22.00 WIB. Rentang waktu tiap shift yaitu 5 jam dan segala bentuk pergantian shift dapat dikondisikan.

c.      Prosedur Penanganan Pelanggan
1.     Penerimaan dan Penawaran Produk terhadap Pelanggan (Sales)
v Bersikap ramah dan mengucapkan salam  kepada setiap pengunjung yang datang.
v Menawarkan setiap produk yang dijual di butik SARA COLLECTION.
v Menanyakan produk yang dibutuhkan oleh pengunjung yang datang ke butik.
v Memberikan informasi yang benar kepada pengunjung yang datang.
v Bersedia menyiapkan barang yang di pesan oleh pengunjung kemudian membuatkan faktur belanja  untuk  pengunjung.
v Tetap bersikap ramah walaupun pengunjung tidak jadi membeli produk SARA COLLECTION.
v Merapikan kembali produk yang tidak jadi dibeli oleh pengunjung.

2.     Proses Payment dan Packing (Kasir)
v Kasir wajib menyapa customer sebelum menerima barang yang akan dibeli.
v Kasir menyebutkan barang-barang apa saja yang dibeli oleh customer.
v Kasir mulai melakukan proses scan harga baju yang ada di label barang yang akan dibeli.
v Kasir memberitahukan kepada customer harga yang mesti customer bayar.
v Kasir wajib menanyakan kepada customer melakukan pembayaran melalui cash atau debit.
v Kasir harus teliti dalam penghitungan uang yang diberikan maupun uang pengembalian.
v Setelah pembayaran, kasir memasukkan barang yang sudah dibayar kedalam paper bag.
v Kasir memberikan paper bag kepada customer,  mengucapkan terima kasih, dan selalu beritahukan customer agar datang kembali ke butik.

d.     Prosedur Penanganan Butik
1.     Petugas Kebersihan
v Periksa kelengkapan alat kebersihan yang dibutuhkan di dalam butik.
v Sebelum butik buka, petugas kebersihan harus membersihkan seluruh isi dari butik SARA COLLECTION, mulai dari menyapu dan mengepel lantai, sampai mengelap jendela dan membersihkan etalase dari segala bentuk debu.
v Periksa kebersihan butik tiap 1 jam sekali.
v Diperkenankan hanya untuk mengepel lantai apabila sedang ada pengunjung, dan tidak boleh menyapu maupun mengelap selama masih ada pengunjung.
v Bersikap ramah terhadap pengunjung maupun karyawan lain ketika sedang melakukan pembersihan.
v Periksa dan buang isi dari tempat sampah yang berada di dalam butik agar tidak sampai menumpuk dan menimbulkan bau tidak sedap.

2.     Keamanan Butik (Security/Satpam)
v Membukakan pintu gerbang masuk apabila pengunjung akan datang maupun akan keluar, serta bersikap ramah dan sopan santun.
v Tiap satpam harus menyebar di tiap titik lokasi yang sudah ditentukan, tidak boleh berkumpul/berkubu dalam satu titik lokasi.
v Fokus dan konsentrasi dalam memperhatikan keamanan sekitar butik.
v Waspada terhadap segala gerak-gerik yang mencurigakan di dalam sekitar butik.
v Bertindak secara tegas apabila ada pengunjung yang melakukan hal mencurigakan.
v Menegur pengunjung apabila pengunjung melakukan hal yang tidak senonoh terhadap produk butik SARA COLLECTION.
v Membantu pengunjung, sales, maupun kasir apabila memerlukan bantuan.
v Melakukan tindakan darurat pengamanan apabila terjadi kerusakan alat yang menyebabkan kebakaran.

v Menegaskan kepada para pengunjung untuk tidak merokok di dalam butik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar