NAMA : TRISYA HANDIKA
PUTRI
NPM : 1A514884
KELAS : 3PA07
MATA KULIAH : PSIKOLOGI MANAJEMEN #
DOSEN : FAAIZA SUPANDI
PERUSAHAAN BUSANA “SARA COLLECTION”
Visi:
Menjadi perusahaan fashion busana yang
memberikan produk-produk berkualitas serta memiliki pelayanan yang baik dan
menjadi perusahaan terkemuka dalam trend fashion di dunia.
Misi:
v Memproduksi
busana dengan kualitas bahan yang baik.
v Menciptakan
desain yang inovatif dan kreatif agar mampu bersaing di industri fashion
nasional maupun internasional.
v Menyeleksi
karyawan dengan syarat harus memiliki etika dan SDM yang baik agar tercapainya
kepuasan pada pelanggan.
v Mampu memenuhi kebutuhan
busana konsumen dengan membuat banyak varian ditinjau dari desain dan warna
produk yang disesuaikan dengan gender
dan usia.
v Membuat banyak relasi
terhadap berbagai perusahaan industri fashion baik lokal maupun luar negeri
agar eksistensi perusahaan tetap terjaga
Standard Operational Procedure
“SARA COLLECTION”:
a. Ketentuan
karyawan:
1. Sales
2. Kasir
3. Petugas kebersihan
4. Satpam/Security
b. Sistem kerja
Sistem kerja yang dilakukan yaitu pembagian shift per-hari. Pembagian shift
yang pertama yaitu shift siang pada pukul 10.00 WIB – 16.00 WIB, shift yang
kedua yaitu shift sore pada pukul 16.00 WIB – 22.00 WIB. Rentang waktu tiap
shift yaitu 5 jam dan segala bentuk pergantian shift dapat dikondisikan.
c. Prosedur Penanganan Pelanggan
1. Penerimaan dan Penawaran Produk terhadap Pelanggan (Sales)
v Bersikap ramah dan mengucapkan salam kepada setiap pengunjung yang datang.
v Menawarkan
setiap produk yang dijual di butik SARA COLLECTION.
v Menanyakan
produk yang dibutuhkan oleh pengunjung yang datang ke butik.
v Memberikan
informasi yang benar kepada pengunjung yang datang.
v Bersedia
menyiapkan barang yang di
pesan oleh pengunjung kemudian membuatkan faktur belanja untuk
pengunjung.
v Tetap bersikap ramah walaupun pengunjung tidak jadi
membeli produk SARA COLLECTION.
v Merapikan
kembali produk yang tidak jadi dibeli oleh pengunjung.
2.
Proses Payment dan Packing (Kasir)
v Kasir
wajib menyapa customer sebelum menerima
barang yang akan dibeli.
v Kasir
menyebutkan barang-barang apa saja yang dibeli oleh customer.
v Kasir
mulai melakukan proses scan harga baju yang ada di label barang yang akan
dibeli.
v Kasir
memberitahukan kepada customer harga
yang mesti customer bayar.
v Kasir
wajib menanyakan kepada customer
melakukan pembayaran melalui cash atau debit.
v Kasir harus teliti dalam penghitungan uang yang diberikan
maupun uang pengembalian.
v Setelah
pembayaran, kasir memasukkan barang yang sudah dibayar kedalam paper bag.
v Kasir
memberikan paper bag kepada customer, mengucapkan terima kasih, dan selalu beritahukan customer agar datang kembali ke butik.
d.
Prosedur Penanganan
Butik
1.
Petugas Kebersihan
v Periksa kelengkapan alat kebersihan yang dibutuhkan di
dalam butik.
v Sebelum butik buka, petugas kebersihan harus membersihkan
seluruh isi dari butik SARA COLLECTION, mulai dari menyapu dan mengepel lantai,
sampai mengelap jendela dan membersihkan etalase dari segala bentuk debu.
v Periksa kebersihan butik tiap 1 jam sekali.
v Diperkenankan hanya untuk mengepel lantai apabila sedang
ada pengunjung, dan tidak boleh menyapu maupun mengelap selama masih ada
pengunjung.
v Bersikap ramah terhadap pengunjung maupun karyawan lain
ketika sedang melakukan pembersihan.
v Periksa dan buang isi dari tempat sampah yang berada di
dalam butik agar tidak sampai menumpuk dan menimbulkan bau tidak sedap.
2.
Keamanan Butik (Security/Satpam)
v Membukakan pintu gerbang masuk apabila pengunjung akan
datang maupun akan keluar, serta bersikap ramah dan sopan santun.
v Tiap satpam harus menyebar di tiap titik lokasi yang
sudah ditentukan, tidak boleh berkumpul/berkubu dalam satu titik lokasi.
v Fokus dan konsentrasi dalam memperhatikan keamanan
sekitar butik.
v Waspada terhadap segala gerak-gerik yang mencurigakan di
dalam sekitar butik.
v Bertindak secara tegas apabila ada pengunjung yang
melakukan hal mencurigakan.
v Menegur pengunjung apabila pengunjung melakukan hal yang
tidak senonoh terhadap produk butik SARA COLLECTION.
v Membantu pengunjung, sales,
maupun kasir apabila memerlukan bantuan.
v Melakukan
tindakan darurat pengamanan apabila terjadi kerusakan alat yang menyebabkan
kebakaran.
v Menegaskan kepada para pengunjung untuk tidak merokok di
dalam butik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar